Kamis, 15 Juni 2017

Filled Under:

Mengapa Saya Memilih Administrasi Bisnis?



Berlakunya perdagangan bebas ASEAN (AFTA) pada tahun 2003, pasar bebas Asia Pasifik (APEC) tahun 2010 menandakan telah dibukanya pintu era persaingan global, terlebih lagi kita juga akan menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)  Akibatnya, tingkat persaingan bisnis menjadi sangat keras dan tajam (hypercompetition).
Untuk menjadi pelaku bisnis yang unggul dan memiliki daya saing berkelanjutan (sustainable competitive advance) diperlukan strategi yang tepat dalam mengelola bisnis. Ada prasyarat tertentu untuk menjadi yang unggul, yaitu profesionalisme dan keunggulan bersaing yang berbasis pada ilmu pengetahuan (knowledge based).
Program Studi S1 llmu  Administrasi Bisnis (PS ADBI) yang berada di bawah Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik (FISIP) telah dirancang untuk memenuhi prasyarat yang dibutuhkan dengan penekanan pada kemampuan menganalisis segala situasi secara logis dan objektif. Oleh karena itu, lulusan Program studi llmu Administrasi Bisnis yang bergelar S.A.B. [Sarjana Administrasi Bisnis] ini diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah secara cepat, tepat dan kreatif.

Administrasi bisnis adalah proses pengelolaan perusahaan atau organisasi nirlaba guna menjaga kestabilan dan pertumbuhan organisasi. Cakupan bidang utama administrasi bisnis meliputi operasi, logistik, pemasaran, sumber daya manusia, dan manajemen. Jabatan yang terkait dengan administrasi bisnis beragam, mulai dari staf pendukung bisnis, manajer kantor, hingga CEO.
Saya sangat tertarik dengan ilmu bisnis ini karena bisnis sangat berkaitan erat dengan kewirausahaan atau entrepreneur yang berati dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. keuntungan di adbis ini kita tidak hanya mempelajari ilmu bisnis secara umum, tapi disini kita mempelajari keilmuan bisnis secara detail beserta keilmuan-keilmuan yang menunjang keberlangsungan kegiatan bisnis tersebut. intinya di jurusan Adbis ini mempelajari ilmu manajemen dan ilmu bisnis secara luas,dan hal ini yang menarik perhatian saya untuk memilih jurusan adbis ini sebagai pilihan utama.
Program studi Administrasi Bisnis mencetak lulusannya untuk menjadi seorang entrepreneur sejati, yang diharapkan bukan hanya mampu meningkatkan performansi perusahaan yang sudah berjalan dengan baik ketika mereka menjadi seorang pegawai, namun lebih dari itu adalah mampu menjadi perintis suatu usaha (star-up business) yang berbekal ilmu. Hal ini sangat penting, mengingat suatu negara akan maju apabila >2% penduduknya adalah entrepreneur atau pengusaha yang mandiri.


Semoga Dimasa yang akan datang nanti saya dapat membangun sebuah perusahaan dan dapat banyak menyerap tenaga kerja sehingga akan mengurangi tingkat pengangguran yang ada di negara kita, aamiin.

Reza Gustiani Ratu

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

2 komentar:

  1. Aamiin, ngomong2 cakupan administrasi bisnis banyak banget ya sampai-sampai ke sumber daya manusia dan marketing.

    BalasHapus
  2. Hehe iya, dulu juga saya kira cuma belajar administrasi sama bisnis aja eh ternyata ada akuntansi sama manajemen nya juga :D

    BalasHapus

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © Wear Your Passion™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.