Sabtu, 12 Januari 2019

Filled Under:

Sistem Pendidikan Di Indonesia


SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA

Sistem pendidikan nasional merupakan satu keseluruhan terpadu dari semua satuan dan kegiatan pendidikan yang saling berkaitan untuk mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Pendidikan nasional itu sendiri merupakan pendidikan yang berakar pada kebudayaan bangsa  Indonesia yang berdasarkan pada  pancasila dan UUD 1945 untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan agar dapat berperan aktif dan positif dalam hidupnya  pada masa sekarang ataupun yang akan datang. Program pendidikan terdiri atas :
1.       Pendidikan umum
Pendidikan yang mengutamakan perluasan, pengelolaan dan keterampilan seperti, SD, SMP, SMA dan Universitas.
2.       Pendidikan kejuruan
pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja pada bidang pekerjaan tertentu seperti, SMTK dan SMIK.
3.       Pendidikan luar biasa
Pendidikan khusus yang diselenggarakan untuk peserta didik yang menyandang kelainan fisik seperti, SGPLB (Sekolah guru pendidikan luar biasa)
4.       Pendidikan kedinasan
Pendidikan khusus yang diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan tugas kedinasan bagi pegawai atau calon pegawai seperti, SPK (sekolah perawat kesehatan), APDN (akademik pemerintah dalam negeri).
5.       Pendidikan keagamaan
Pendidikan khusus yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat melaksanakan peranan yang menuntut penguasan pengetahuan khusus tentang ajaran agama seperti, Madrasah Tsanawiyah(Mts), Madrasah aliyah(MA), pendidikan guru agama negeri(PGAN), institut agama islam negeri(IAIN), institut hidu darma(IHD).
.
Kekuatan pada sistem pendidikan nasional indonesia
Mengenai kekuatan dan kelebihan dari system pendidikan yang tengah dilaksanakan. Karena pada dasarnya tidak ada suatu hal yang perfect, namun tetap saja ditemukan plot/titik kekurangan dan kelemahan. Akan tetapi, setelah kita tahu akan sebuah kekurangan, maka alangkah bijaknya jika kita dapat mengganti celah tersebut menjadi lebih sempurna. Beberapa kekuatan yang dapat kami simpulkan antara lain:
a.       Telah di targetkannya pembenahan dan pembentukan karakter siswa
b.       Telah ditargetkan untuk penyiapan generasi yangs elalu update dengan perkembangan zaman.
c.       Penyiapan insan yang cerdas dan kompetitif, baik dalam kancah nasional, regional atau bahkan internasional
d.       Perencanaan pemerataan system untuk seluruh warga Negara.
Sistem Pembelajaran - Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang teramat penting guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada dalam sebuah negara termasuk Indonesia. Karenanya maka kali ini saya akan mengajak anda untuk membahas mengenai sebuah topik yang cukup menarik mengenai kelebihan dan kekurangan sistem pembelajaran yang berlaku di Indonesia selama ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya sebuah kegiatan pembelajaran akan dapat berlangsung dengan baik jika komponen yang berkaitan di dalamnya mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan kegiatan pembelajaran yang terjadi. Seperti halnya seorang tenaga pendidik dan juga para peserta didik yang sama-sama dituntut untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dengannya kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat berkembang dan semakin efisien.
Sumber: http://masudaheducation.blogspot.com/2013/03/sistem-pendidikan-nasional-di-indonesia.html


Reza Gustiani Ratu

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © Wear Your Passion™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.